4 Tips Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Wahyu EL


Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat adalah salah satu tempat yang paling favorit untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Masjid ini dapat menampung sekitar 200 ribu jemaah sekaligus, baik di dalam ruangan maupun di area sekitar masjid yang biasa digunakan untuk ibadah di hari besar. Tempat paling khidmat untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal tentunya berada di area utama. Namun, agar tidak kehabisan tempat untuk salat Idul Fitri di sana, ada beberapa tips yang harus diperhatikan.

Datanglah lebih awal, sekitar pukul 03.00 WIB

Masjid Istiqlal buka sampai jam 10 malam dan buka kembali jam 3 pagi. Oleh karena itu, para jemaah disarankan untuk datang sejak dinihari agar bisa mendapatkan tempat di area utama masjid.

Bagi yang tidak bisa hadir pada jam tersebut, dapat melakukan iktikaf 

Iktikaf di Masjid Istiqlal diselenggarakan selama 10 hari terakhir Bulan Ramadan. Bagi masyarakat yang ingin bermalam di sini, tidak perlu khawatir karena akan disediakan berbagai fasilitas seperti makanan dan tempat tidur. Namun, harus dilakukan pendaftaran terlebih dahulu ke Sekretariat Masjid Istiqlal.

Sementara itu, Humas Masjid Istiqlal, Yusuf Faozi memprediksi jumlah jemaah salat Ied di Istiqlal tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun terdapat pembatasan selama pandemi COVID-19, Yusuf menyatakan bahwa pada tarawih pertama, lantai 3 Masjid Istiqlal sudah penuh. Yusuf menambahkan bahwa jemaah harus ikut iktikaf di Masjid untuk memperoleh tempat di area utama masjid.

Bawa perlengkapan sholat sendiri

Tips selanjutnya adalah membawa perlengkapan sholat sendiri. Meskipun Masjid Istiqlal menyediakan sajadah dan kain penutup, namun terkadang jumlahnya tidak mencukupi jika jemaah sangat ramai. Oleh karena itu, lebih baik membawa perlengkapan sholat sendiri agar tidak kehabisan.

"Kalau ada waktu sebelum ke sini, bawa sajadah atau tikar, karena di dalam ada saja yang kehabisan. Kadang-kadang yang kebagian tidak sampai di atas sajadah. Kain penutup juga kadang-kadang kehabisan, jadi kalau bisa bawa sendiri saja," kata Yusuf.

Hindari membawa barang berlebihan

Selain membawa perlengkapan sholat, Yusuf juga menyarankan untuk menghindari membawa barang bawaan yang berlebihan. Hal ini karena di dalam Masjid Istiqlal tidak tersedia tempat penyimpanan barang. Oleh karena itu, lebih baik membawa barang bawaan yang cukup saja.

"Kita sarankan kalau ke Masjid Istiqlal jangan membawa barang-barang yang berlebihan, karena kita tidak punya tempat penyimpanan barang. Lebih baik kalau bawa perlengkapan sholat, tas kecil dan bawa barang secukupnya saja," ujarnya.

Itulah beberapa tips untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Semoga tips ini dapat membantu jemaah yang ingin salat di tempat tersebut. Tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Komentar