7 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Wahyu EL


Bulan Ramadan biasanya identik dengan makanan yang lezat, berat, dan hanya muncul sekali dalam setahun. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi pelaku diet yang ingin menurunkan berat badan dan tentunya dapat berdampak pada pola makan yang tidak sehat.

Namun, menjaga kesehatan dan berat badan saat berpuasa di bulan Ramadan dapat menjadi hal yang menantang. Kedua kecemasan tersebut akan sulit dilakukan jika tidak memilih makanan yang tepat. Tetapi jangan khawatir, Beauties! Ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat membantumu menurunkan berat badan selama puasa Ramadan. Dilansir dari Gymnation, berikut adalah ulasannya:

Kurangi Asupan Karbohidrat

Untuk menurunkan berat badan selama puasa, kamu dapat membatasi asupan karbohidrat seperti roti, nasi, kentang, pasta, dan pizza. Namun, kamu tetap dapat mengonsumsi makanan tersebut dengan cara mengurangi dan tidak makan secara berlebihan.

Meskipun asupan karbohidrat sedikit, kamu tetap dapat mendapatkan sumber energi dari simpanan lemak di dalam tubuhmu. Jadi, lebih fokuslah untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau seperti selada, bayam, brokoli, asparagus, dan kangkung yang dapat membuatmu kenyang lebih lama dan mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi.

Tetap Aktif

Saat kamu aktif, artinya tubuhmu sedang membakar kalori. Banyak yang berhenti berolahraga saat bulan Ramadan karena menganggapnya sebagai alasan. Namun, tidak aktif selama sebulan penuh dapat memperlambat kemajuan penurunan berat badan. Oleh karena itu, tetaplah komitmen pada dirimu sendiri untuk berlatih setidaknya 3 jam per minggu.

Tingkatkan Protein Saat Sahur dan Berbuka

Diet yang tinggi protein dapat menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan. Saat sahur, pastikan kamu mengonsumsi protein tinggi seperti telur. Sedangkan untuk makanan lainnya seperti ayam, sapi, atau ikan, dapat dikonsumsi saat berbuka puasa. Jenis makanan tersebut adalah sumber protein dengan kualitas terbaik.

Banyak orang meningkatkan asupan protein mereka dengan mengonsumsi lebih banyak kacang dan lentil. Namun, jenis makanan ini juga mengandung karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu memilih makanan bersumber protein hewani.

Hindari Jus Buah dan Minuman Bersoda

Meskipun jus buah segar dan terlihat sehat, nyatanya mengandung gula yang tinggi. Satu cangkir jus memiliki hingga 25 gram gula setara dengan 5 sendok teh. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan lemon, jeruk, atau mint pada minumanmu.

Soda memiliki kandungan gula yang lebih banyak. Satu soda memiliki kandungan gula sekitar 32 gram, setara dengan 6 sendok teh.

Minum Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih yang cukup sangat penting selama puasa Ramadan. Kebutuhan cairan yang tepat akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu menghindari dehidrasi. Selain itu, minum air putih dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu mempercepat proses metabolisme.

Untuk menghindari dehidrasi, pastikan untuk minum minimal 8 gelas air setiap hari dan hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein karena keduanya dapat menyebabkan dehidrasi.

Konsumsi Buah-buahan dan Sayuran Segar

Saat berbuka, pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya. Buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko sakit perut dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pilihlah buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat seperti apel, pear, alpukat, brokoli, wortel, dan lain sebagainya. Dalam konsumsi sayuran, kamu bisa membuat sayuran kukus atau tumis tanpa minyak untuk menjaga nutrisi tetap terjaga.

Makan Secara Perlahan dan Bersantap Bersama

Saat berbuka dan sahur, pastikan untuk makan secara perlahan dan nikmati makanan bersama keluarga atau teman. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu tubuh mengolah makanan dengan lebih efektif. Selain itu, bersantap bersama juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan memperkuat hubungan sosial.

Intinya, menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan selama bulan Ramadan bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat dan menjaga pola makan yang sehat. Tetap aktif dan berolahraga, minum air putih yang cukup, dan konsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta bersantap dengan cara yang benar. Semoga tips ini dapat membantumu meraih kesehatan dan berat badan yang ideal selama bulan Ramadan.

Komentar