Etika Pesawat: Aturan Tak Tertulis untuk Kenyamanan Selama Penerbangan

Wahyu EL


Dalam penerbangan, terdapat beberapa aturan tak tertulis yang harus diketahui agar nyaman selama penerbangan. Salah satunya adalah menjadi ramah kepada pramugari. Etika dalam pesawat ini disampaikan oleh Jacqueline Whitmore, pendiri Protocol School of Etiquette di Palm Beach, Florida, yang juga merupakan seorang pakar etiket profesional.

"Dengan kursi semakin kecil dan semakin kecil akhir-akhir ini, kita semua harus belajar bergaul," katanya, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (6/4/2023). Berikut ini adalah beberapa aturan yang harus diketahui saat naik pesawat:

  1. Jangan membawa makanan yang memiliki aroma kuat dan menyengat ke dalam pesawat.
  2. Berusaha untuk membawa tas dan meletakkannya sendiri ke dalam kabin pesawat. Jika memang tidak kuat, maka baru meminta tolong.
  3. Bersihkan toilet seperti biasa ketika kamu masuk. Jangan jorok!
  4. Jika harus bertukar tempat duduk dengan seseorang, pastikan tempat duduk yang baru tersebut sebanding dengan tempat duduk yang kamu tempati.
  5. Setiap penumpang berhak merebahkan tempat duduknya.
  6. Jika orang sebelahmu sedang memakai headphone atau mengetik di laptopnya, jangan diganggu.
  7. Sopanlah saat melewati bangku-bangku tetangga anda jika ingin ke kamar mandi. Jangan asal melangkah saja melewati depan mereka.
  8. Jauhkan kaki kotor mu dari bangku penumpang lain. Jangan diangkat-angkat dan pakailah kaus kaki.
  9. Jaga lengan dan kaki Anda untuk diri sendiri. Kursi mungkin semakin kecil dari hari ke hari, tetapi itu tidak memberi Anda hak untuk pindah ke ruang orang lain atau meletakkan kepala Anda di bahu orang lain, kecuali, tentu saja, kamu mengenal orang itu dengan baik.
  10. Jangan pernah menyimpan barang-barang Anda di tempat sampah orang lain atau di bawah kursi orang lain.
  11. Jika kamu duduk di kursi lorong, jauhkan kaki panjang dan siku kamu dari lorong.
  12. Kontrol anak-anakmu.
  13. Sehubungan dengan pembagian bangku pesawat, kursi tengah memiliki satu kepemilikan tunggal atas sandaran tangan. Orang yang duduk di dekat jendela mendapatkan pandangan terbaik. Orang yang duduk di lorong mendapatkan lebih banyak ruang bernapas serta manfaat untuk keluar dari pesawat lebih cepat jika terjadi keadaan darurat.
  14. Hindari memegang bagian belakang kursi seseorang saat kamu duduk, berdiri, atau berjalan di lorong.
  15. Hormati pramugari.
  16. Ikuti aturan, pelankan suara di pesawat, dan perlakukan pramugari dengan hormat.
  17. Jika penumpang lain mengganggu kamu, jangan mengambil tindakan sendiri, minta pramugari untuk turun tangan.
  18. Saat pesawat sudah mendarat, tunggulah sampai pesawat benar-benar berhenti sebelum melepaskan sabuk pengaman. Bersabarlah dan tunggu giliran Anda untuk keluar sesuai urutan tempat duduk Anda.
  19. Jika Anda memiliki penerbangan lanjutan yang harus ditangkap, tanyakan dengan sopan sebelum melewati antrian.
  20. Kenakan headphone jika Anda ingin menghindari percakapan dengan seseorang atau tidak ingin terganggu oleh suara lain.

Komentar