Keutamaan Ramadan dan Amalan yang Dianjurkan di 10 Hari Terakhir Ramadan

Wahyu EL


Tidak lama lagi, bulan suci Ramadan akan berakhir dan banyak umat Islam merasa senang karena mendekati Hari Raya Idul Fitri. Namun, Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri karena setiap ibadah yang dilakukan pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Menurut Kumpulan Khutbah Jumat tulisan Abdul Latif Wabula S Sos I MPd, Rasulullah SAW dan para sahabatnya merasakan kesedihan yang mendalam ketika Ramadan akan berakhir. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda bahwa langit, bumi, dan malaikat menangis pada akhir malam bulan Ramadan karena umat Muhammad SAW akan meninggalkannya.

Orang-orang saleh terdahulu bahkan menangis dan bersedih pada penghujung Ramadan karena menyadari bulan yang penuh kemuliaan tersebut akan segera berakhir. Dalam buku Materi Khutbah Jumat Sepanjang Tahun karya Muhammad Khatib SPd I, dijelaskan bahwa keutamaan Ramadan akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya bulan tersebut. Padahal, Ramadan adalah bulan penuh berkah dan kebaikan.

Pada 10 hari terakhir Ramadan, Syekh Zainuddin Al-Malibari melalui kitab Fathul Mu'in menerangkan sejumlah amalan yang dianjurkan dilakukan, antara lain memperbanyak sedekah, membaca Al-Qur'an, dan memperbanyak itikaf. Amalan tersebut dapat meningkatkan ibadah pada akhir Ramadan.

Memperbanyak sedekah dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan keluarga, berbuat baik kepada kerabat dan tetangga, atau menyediakan makanan buka puasa bagi orang yang berpuasa. Selain itu, memperbanyak membaca Al-Qur'an di akhir malam juga sangat dianjurkan karena lebih fokus dibandingkan dengan siang hari. Selanjutnya, memperbanyak itikaf juga dapat dilakukan sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW untuk meningkatkan ibadahnya.

Dalam rangka memperkokoh iman dan meningkatkan kebaikan, umat Muslim dapat memperbanyak amalan pada akhir Ramadan. Dengan memperbanyak sedekah, membaca Al-Qur'an, dan memperbanyak itikaf, diharapkan ibadah pada Ramadan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Komentar