Mencari Lailatul Qadar: Ciri-ciri Orang yang Meraih Malam Kemuliaan Tersebut

Wahyu EL

Masuknya pada 10 hari terakhir bulan Ramadan menjadi saat yang penting bagi umat Muslim untuk mencari malam Lailatul Qadar. Namun, bagaimana ciri-ciri orang yang meraih malam Lailatul Qadar?

Malam Lailatul Qadar diyakini terjadi pada 10 malam terakhir Ramadan meskipun waktu pastinya tidak diketahui. Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW yang menyarankan umatnya untuk mencari Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir Ramadan, khususnya pada malam ganjil.

Keutamaan malam Lailatul Qadar terdapat dalam sejumlah ayat Al-Qur'an maupun hadis. Salah satunya dalam surah Al-Qadr ayat 1-5.

Orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar akan diberikan pahala berupa ampunan dosa terdahulu. Namun, tidak ada ciri-ciri khusus bagi orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar. Syaikh Khalid Al Mushlih mengatakan bahwa orang-orang yang memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan secara terus menerus maka akan meraih malam kemuliaan tersebut.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi Dakwah MUI Sulsel, Dr. H. Usman Jasad, berpendapat bahwa tanda seseorang mendapat keberkahan malam Lailatul Qadar adalah meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT hingga merasakan kenikmatan dalam beribadah. Orang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar akan merasakan nikmat dan ketenangan dalam setiap salat dan ibadah lainnya.

Komentar