Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2023, Kemungkinan Tidak Serentak di Indonesia

Wahyu EL

Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2023, ada kemungkinan Lebaran di Indonesia tidak dilakukan secara serentak. Ada dua metode yang digunakan untuk menentukan tanggal Idul Fitri, yaitu metode hisab dan rukyat. Pemerintah dan ormas Islam seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama menggunakan metode hisab dan rukyat untuk menentukan tanggal Idul Fitri 2023 dengan mengacu pada kriteria MABIMS. Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal, sedangkan NU menggunakan metode rukyatul hilal. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 21 April 2023 sebagai hari raya Idul Fitri 2023, sementara pemerintah dan NU belum menentukan tanggal yang pasti. Pemerintah akan menggelar sidang isbat pada 29 Ramadan atau Kamis, 20 April 2023, untuk menetapkan tanggal Idul Fitri, dan undangan sidang isbat akan diberikan kepada berbagai pihak, termasuk MUI, Komisi VIII DPR, dan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat Islam. Kamaruddin Amin dari Kemenag mengatakan ada kemungkinan perbedaan tanggal antara Muhammadiyah dan pemerintah, tetapi meminta semua pihak untuk menunggu hasil sidang isbat. Perbedaan tanggal disebabkan oleh perbedaan penetapan kriteria awal bulan.

Namun demikian, seluruh pihak diharapkan dapat menjaga kerukunan dan saling menghormati perbedaan dalam menentukan hari raya Idul Fitri 2023. Semua umat Muslim di Indonesia tentu berharap dapat merayakan hari raya dengan khidmat dan penuh suka cita, tanpa adanya perbedaan atau perselisihan yang tidak perlu.

Dalam hal ini, sangat penting bagi semua pihak untuk mengedepankan semangat kebersamaan dan toleransi. Umat Muslim Indonesia harus terus memperkuat ukhuwah Islamiyah dan menjaga keharmonisan antara sesama umat Muslim dan juga antara umat Muslim dengan umat beragama lainnya.

Selain itu, dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2023, kita juga perlu tetap mematuhi protokol kesehatan agar dapat mencegah penyebaran COVID-19. Kita semua harus saling menjaga dan bekerjasama dalam melawan pandemi ini, sehingga kita dapat merayakan hari raya dengan aman dan sehat.

Mari kita berdoa dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kebersamaan dan kesehatan kita semua dalam menyambut hari raya Idul Fitri 2023. Selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga kita semua diberikan keberkahan di bulan suci Ramadan ini.

Komentar