Mudik Tahun 2023: Alternatif Jalur Pantura dan Pansela di Pulau Jawa

Wahyu EL


Di Pulau Jawa, para pemudik pasti sudah tidak asing lagi dengan jalur mudik pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela). Kedua jalur ini menjadi alternatif mudik untuk menghindari kemacetan di Tol Trans Jawa.

Untuk mudik tahun ini, Kementerian Perhubungan memprediksi bahwa wilayah Jawa Tengah akan menjadi tujuan terbanyak para pemudik pada tahun 2023 ini. Diperkirakan sebanyak 32,57 juta pemudik akan pulang kampung ke Jawa Tengah, sementara itu 24,6 juta orang juga diprediksi akan mudik ke Jawa Timur tahun ini.

Dengan prediksi tersebut, jalur mudik di Pulau Jawa tentu akan dipadati oleh para pemudik, termasuk di Tol Trans Jawa. Namun, sebenarnya ada jalur eksisting lain yang kini sedang diperbarui, yaitu jalur Pantura dan Pansela.

Menurut laman Ditjen Bina Marga, kondisi jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 km terbagi atas Lintas Utara Jawa sepanjang 1.192 km dengan kondisi bagus mencapai 92%, dan jalan di Lintas Pantai Selatan Jawa sepanjang 1.543 km dengan kondisi prima mencapai 93%.

Jalur Pantura merupakan ruas jalan yang berada sejajar dengan garis pantai di bagian utara Pulau Jawa. Jalur ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pemudik sebelum adanya Tol Trans Jawa.

Jalur jalan strategis ini menghubungkan kota-kota di empat provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, mulai dari kota Merak-Cikampek-Cirebon-Semarang-Tuban-Banyuwangi. Jalur ini juga menyediakan beberapa tempat istirahat yang memadai dan jalannya tidak terlalu berkelok-kelok, sehingga tidak perlu melakukan banyak manuver. Namun, panorama yang disajikan di jalur ini cukup monoton, sehingga perjalanan akan terasa cukup datar.

Sedangkan jalur Pansela adalah jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa. Jalan ini menghubungkan rute yang sejajar dengan Pantura, yaitu Cilegon-Anyer-Pangandaran-Yogyakarta-Banyuwangi.


Jalur ini sejajar dengan garis pantai selatan Jawa dan melewati setidaknya lima provinsi di pesisir selatan Pulau Jawa, yakni Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Berbeda dengan Pantura, Pansela memberikan panorama yang indah. Mulai dari Pantai Jayanti di Cianjur, Rancabuaya dan Santolo di Garut. Pantai Pangandaran atau Pantai Menganti yang instagramable di Kebumen. Pansela juga menyimpan banyak sekali kuliner yang melimpah, sehingga tidak perlu bingung mencari tempat untuk bernaung atau makan malam.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan protokol kesehatan selama perjalanan, seperti memakai masker dan menjaga jarak sosial. Pastikan juga untuk membawa perlengkapan dan kebutuhan yang cukup selama perjalanan.

Dalam memilih jalur mudik, pemudik juga perlu memperhitungkan faktor keamanan. Selalu perhatikan kondisi jalan dan berhati-hati saat melewati daerah rawan kecelakaan.

Namun yang terpenting, pemudik perlu mematuhi peraturan lalu lintas dan memperhatikan keselamatan diri sendiri serta pengguna jalan lainnya. Semoga perjalanan mudik kali ini lancar dan selamat sampai tujuan.

Komentar